08 Desember 2010

Laptop, netbook atau notebook, sekarang bukanlah barang mewah lagi. Jika dulu orang yang memiliki laptop adalah orang yang pintar komputer dan atau orang berduit (wajar,karena harga laptop dahulu kala sampai 10 jutaan dengan prosesor Intel Pentium 3), sekarang siapapun dapat menenteng sebuah piranti komputer praktis itu.

Bahkan, anak-anak SMP pun sekarang banyak yang mencatat pelajaran dengan laptop.

Nah, walau banyak yang telah mempunyai laptop atau notebook, tapi banyak juga yang belum tau bagaimana cara memperlakukan notebook dengan benar.



Saya seringkali ditanya rekan atau murid, laptop merk apa yang paling bagus. Saya jawab, semua merk bagus, tergantung bagaimana kita merawatnya.
Dibawah ini merupakan tips-tips yang saya dapatkan melalui pengalaman pribadi.

1. Jangan men-charge notebook secara berlebihan. Kadang orang seringkali men-charge notebook sambil ditinggal tidur. Sehingga, biasanya notebook masih dalam keadaan charging sampai pagi :(
Hal ini dapat menyebabkan baterai notebook melembung, atau istilah orang teknisi : batre hamil. :)

2. Jangan men-charge sambil dipakai / dihidupkan. Jika ini dilakukan, maka dalam 3 bulan dijamin baterai anda akan berkurang masa pakainya. Biasakan men-charge dalam keadaan mati.

3. Jangan memakai notebook yang masih ada didalam softcase. Ada baiknya keluarkan dulu notebook Anda dari softcase. Karena jika anda memakainya dalam softcase, maka panas notebook akan terhambat keluar. Hal ini akan menyebabkan komponen didalam notebook akan meleleh.

Tiga tips sederhana diatas sudah dapat memperpanjang usia notebook anda. Ingat, bukan merk yang membuat notebook tersebut awet, tapi perlakuan kita terhadapnya.

1 komentar:

  1. Sipppz...Sipppz.... Kalo berlanjut hub dokter! hehe
    ehm Artikel buat mempercantik notebook atau laptop mana nih? ditunggu yaaa :)

    BalasHapus