22 Juni 2011


Aplikasi Android ditulis dalam bahasa pemrograman Java dan menggunakan kernel Linux untuk berkomunikasi dengan hardware. Dan uniknya, setelah diinstal pada perangkat, setiap aplikasi Android hidup dalam keamanan sandbox sendiri:

    * Sistem operasi Android adalah multi-user sistem Linux di mana setiap aplikasi adalah pengguna yang berbeda.

    * Secara default, sistem menugaskan setiap aplikasi Linux ID pengguna yang unik (ID hanya digunakan oleh sistem dan tidak diketahui ke aplikasi). Sistem ini menetapkan perizinan bagi semua file dalam sebuah aplikasi sehingga hanya user ID ditugaskan untuk aplikasi yang dapat mengaksesnya.


    * Setiap proses memiliki mesin virtual sendiri (VM), sehingga kode aplikasi berjalan secara terpisah dari aplikasi lain.

    * Secara default, setiap aplikasi berjalan dalam prosesnya sendiri Linux. Android memulai proses ketika salah satu komponen aplikasi perlu dieksekusi, kemudian menutup proses ketika itu tidak lagi dibutuhkan atau ketika sistem harus memulihkan memori untuk aplikasi lain.

Dengan cara ini, sistem Android menerapkan prinsip paling istimewa. Artinya, setiap aplikasi, secara default, hanya memiliki akses ke komponen yang membutuhkan untuk melakukan pekerjaan dan tidak lebih. Ini menciptakan lingkungan yang sangat aman di mana aplikasi tidak dapat mengakses bagian dari sistem yang tidak diberikan izin.

Namun, ada cara bagi aplikasi untuk berbagi data dengan aplikasi lain dan untuk aplikasi untuk mengakses layanan sistem:

    * Sebuah aplikasi dapat meminta izin untuk mengakses data perangkat seperti kontak pengguna, pesan SMS, penyimpanan mountable (SD card), kamera, Bluetooth, dan banyak lagi. Semua izin aplikasi harus diberikan oleh pengguna pada waktu menginstal.

Dalam Android, yang menarik, kita bisa melihat bagaimana bahasa kode Java, XML dan HTML bersatu. Hal ini tidak pernah terjadi dalam sistem manapun, baik itu symbian maupun java query.

Bagaimanapun, Android dari Google telah merubah pakem yang selama ini kita kenal. Inilah sistem operasi masa depan, dimana komputer standalone (CPU) tidak lagi terpakai.  
Dunia dimana semua dapat dikontrol dari genggaman!

0 komentar:

Posting Komentar